Saturday, December 29, 2012

Pelatihan Altium

Altium (formerly Protel) adalah software untuk mendesain skematik dan desain layout PCB. Pelatihan pertama setelah menjadi alumni nih hehe. Dulunya saya pernah mengadakan pelatihan yang sama bersama teman saya secara tidak formal dengan tujuan mencari bibit penerus untuk lomba KOMURINDO.

Pelatihan ini diadakan oleh HIMATEL (Himpunan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi) POLBAN divisi IPTEK dengan target peserta maba alias mahasiswa baru agar memudahkan dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa Teknik Telekomunikasi di POLBAN. 

Pada awalnya saya agak bingung untuk memberi materi mulai dari mana karena pesertanya maba, tapi setelah bertanya pada panitia mengenai matkul yang sudah dienyam maba, saya bisa putuskan untuk tidak menerangkan dari dasar dan tentunya acara dibuat secara fun dan diselipkan sharing. Ya fun, so no hard feeling in learning process. Dengan suasana senang ilmu lebih cepat masuk dan ada kesan di hati dan otak si maba.


Dari tahun ke tahun mahasiswa Teknik Telekomunikasi POLBAN didominasi oleh perempuan. Konyolnya ada mahasiswa yang salah paham antara Ilmu Komunikasi dan Teknik Telekomunikasi, waduh parah.
Satu, di POLBAN gak ada jurusan Ilmu Komunikasi.
Dua, Teknik Telekomunikasi itu dibawah jurusan Teknik Elektro, how come ada Ilmu Komunikasi nyangkut, wahaha. 

Lanjut reportnya..

Saya bawa beberapa contoh PCB, dari PCB mentah sampai yang rumit (tiny computer Raspberry Pi saya bawa juga haha) agar memudahkan pemahaman. Alhamdulillah acara berjalan lancar walau waktu yang disediakan serasa kurang namun peserta antusias dalam mengikuti jalannya acara. Dalam acara ini juga diselipkan pembagian hadiah berupa buku-buku bekas yang saya miliki, tentunya agar meriah :D.



Kami mengucapkan terimakasih pada panitia anak-anak IPTEK HIMATEL dan segenap pihak lainnya yang membantu. Semoga kedepannya diadakan acara yang bermanfaat, profesional, dan fokus pada lingkup telekomunikasi.
File presentasi dapat diunduh disini.

No comments:

Post a Comment