Friday, November 30, 2012

Sistem Payload Roket Uji Muatan untuk Penginderaan Jauh

Proyek ini adalah Tugas Akhir yang dibuat untuk memenuhi syarat lulus.Tema ini saya dapat dari KOMURINDO 2012 (Kontes Muatan Roket Indonesia) yang (Alhamdulillah) kami juarai pada peringkat 3 nasional se-Indonesia, alhamdulillah.

Awalnya saya memiliki beberapa rencana untuk TA, namun bapak dosen pembimbing TA (sekaligus pembimbing lomba) menyarankan untuk mengambil TA dengan tema yang sama biar konsentrasi tidak terpecah dua. Diputarlah otak bolak-balik, alhamdulillah akhirnya dapat juga inspirasi yang akhirnya disetujui oleh dosen pembimbing. Dikarenakan spesifikasi payload TA yang mirip-mirip beda dengan spesifikasi lomba akhirnya konsentrasi pun terbelah dua :p.

KOMURINDO adalah suatu kontes bergengsi :D yang diadakan oleh DIKTI, LAPAN, Akademi Angkatan Udara (AAU), dan beberapa lembaga lainnya yang saya tidak ingat. Kontes ini diikuti oleh mahasiswa D3, D4, dan S1 seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, namun untuk KOMURINDO 2013 anak S2 juga boleh ikut (dengan kata lain dosen mungkin ya). Banyak lembaga yang menyeponsori kontes ini mengingat pembuatan roket itu sangat mahal, oke cukup flashbacknya.

Payload roket adalah muatan yang ditumpangkan pada roket untuk melakukan suatu hal (dalam hal ini penginderaan jauh). Payload akan mengalami separasi secara otomatis dari badan roket pada ketinggian tertentu untuk melakukan penginderaan jauh secara terkontrol kemudian data tersebut dikirimkan ke unit ground segment (pengontrol dan penerima data payload) melalui komunikasi radio. Sistem payload ini mampu mengirimkan data suhu dan kelembaban, data akselerasi 3-axis, dan citra JPEG berwarna dengan resolusi 160x120 pixel.
Ground segment adalah unit pengontrol dan penerima data, dibuat menggunakan bahasa C# pada IDE Visual Studio 2010 yang dipasang di laptop/PC.

Sensor dan modul yang digunakan:
  1. Suhu dan kelembaban : SHT10                             
  2. Akselerometer : Hitachi H48C 3-axis ±3g 
  3. Kamera : ZM 0.3Mpixel
  4. Modul radio : XBee 2.4 GHz 1mW (whip antenna) @2buah
  5. Mikrokontroler : ATmega32
  6. Rangkaian interface XBee pada ground segment agar dapat berkomunikasi dengan laptop
  7. USB-to-serial RS232
Payload Roket TA

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh Presentasi TA.
Bagi yang menginginkan laporan TA (didalamnya saya jelaskan how-to) dan source code hardware dan ground segment-nya lewat email saja.
keep ATM (Amati Tiru Modifikasi) dan cantumkan pemilik asli hehe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.

3 comments:

  1. mas minta dikirim source code gcs nya ke ForTheWin17@rocketmail.com ya :D

    ReplyDelete
  2. mas, minta source gcs nya ke rr960221@gmail.com ya. terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Permisi mas,Boleh minta laporan TA dan source hardware beserta gcs ke fauzanlaode@yahoo.co.id. Terima Kasih

    ReplyDelete